bimbingan belajar neutron siap lebih dini 2-3 semester

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar neutron sukses sbmptn 2017

bimbingan belajar program minggu kedinasan neutron

bimbingan belajar neutron priority iup - ugm

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron siap lebih dini SLD

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent priority ions

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron ujinas

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron ukk

siswa neutron diterima ptn


i-link takes you abroad, belajar, kuliah ke luar negeri




 
 
 
 
Artikel
 

 

 

Di tulisan ke tiga belas ini penulis akan sampaikan jurusan/program studi yang terkait dengan sastra. Sangat banyak jurusan/prodi yang terkait dengan sastra di Perguruan Tinggi. Tulisan ini hanya akan menampilkan beberapa diantaranya.

 

 

1. Sastra Inggris

Pertanyaan yang selalu mengemuka setiap kali ada siswa yang berencana mengambil jurusan sastra ( termasuk sastra Inggris ) adalah mau jadi apa esok ? Kalau hanya pengin pintar bahasa Inggris bukankah cukup dengan kursus bahasa Inggris ?. Pertanyan seperti itu sah-sah saja, tapi benarkah jurusan Sastra Inggris hanya belajar tentang kemampuan berbahasa Inggris ?

 

 

Belajar di Sastra Inggris bukan sekedar belajar tentang bagaimana berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Di Jurusan Sastra Inggris juga dipelajari tentang kebudayaan negara asing ( Inggris, Amerika, Kanada dll ), politik internasional, dan bisnis Internasional. Disamping itu juga kita akan diajari tentang hal-hal terkait dengan tulis menulis untuk media massa, maupun karya sastra. Jadi, sebenarnya kuliah di Sastra Inggris tidak sesempit yang dibayangkan.

 

Dengan cakupan materi perkuliahan seperti itu, lulusan sastra Inggris dapat bekerja sebagai penulis, translatter, bekerja di kantor kedutaan, kantor konsulat, dosen, perusahaan multinasional, media massa, lembaga-lembaga kebudayaan asing maupun tour leader.

Tidak sulit untuk menemukan perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan / prodi sastra Inggris. Boleh dibilang hampir semua Perguruan Tinggi Negeri membuka jurusan ini kecuali perguruan tinggi yang berbasis teknologi maupun pertanian seperti ITB, ITS dan IPB

 

 

2. Sastra Indonesia

Ada hal yang menarik ketika siswa memutuskan memilih jurusan/prodi Sastra Indonesia. Biasanya ia akan berhadapan dengan pertanyaan mengapa pilih sastra Indonesia ? mengapa nggak sastra Inggris saja ? Bahkan kadang ada yang lebih menyakitkan lagi, pertanyaannya begini, apa belum lancar berbahasa Indonesia, kok sampai harus milih sastra Indonesia ? Pertanyaan serupa itu sangat wajar bagi orang yang awam dengan jurusan/prodi Sastra Indonesia.

 

Apa sebenarnya yang dipelajari di jurusan sastra Indonesia ? Supaya lebih jelasnya, sastra Indonesia mempunyai struktur kurikulum :
a. Mata Kuliah Wajib Universitas (PDPT)
b. Mata Kuliah Wajib Fakultas (MKF)
c. Mata Kuliah Wajib Program Studi (MKWP)
d. Mata Kuliah Lintas Fakultas/Prodi

 

Di Sastra Indonesia terdapat 3 peminatan dimana mahasiswa dapat memilih peminatan sesuai keinginannya pd tahun ketiga setelah mahasiswa lulus mata kuliah dasar-dasar pada tahun pertama dan kedua, diantaranya :
1. Peminatan Sastra
2. Peminatan Filologi (ilmu yg mempelajari naskah2/manuskrip kuno)
3. Peminatan Linguistik

Lulusan Program Studi Sastra Indonesia dapat bekerja di berbagai institusi dengan cakupan bidang yang sangat luas.
Bidang yang relevan:  pengajar bahasa dan sastra, konsultan bahasa dan sastra,  dan peneliti pelaksana bahasa dan sastra.
Bidang yang kolaboratif: editor, wartawan, penulis, penerjemah, atase kebudayaan, diplomat, penulis naskah iklan dan skenario, dan penyulih suara.

 

Sebagaimana jurusan Sastra Inggris, Perguruan Tinggi Negeri yang membuka jurusan sastra Indonesia juga sangat banyak dari yang favorit sampai yang tidak favorit.

 

 

3. Sastra Jepang

Di jurusan sastra Jepang kamu akan mempelajari segala aspek dalam kebudayaan jepang dan negara-negera tetangganya. Topik yang dipelajari yaitu berupa aspek sosial dan kemanusiaannya. Di jurusan ini juga dipelajari tentang sejarah, ekonomi, dan sastra jepang. Di Jurusan ini juga kamu bisa belajar sekaligus mengenal plus memperdalam pengetahuan kamu tentang Negara Jepang. Biasanya di tahun kedua (semester 3 atau 4) kamu akan diarahkan ke dua bidang peminatan, sastra atau linguistik. Kalau kamu pernah les atau mengikuti kelas bahasa Jepang waktu SMA, Jurusan ini mungkin bisa kamu jadikan pilihan. Gimana kalo suka Jepang tapi sama sekali belum pernah belajar sebelumnya? Jangan khawatir, di awal tahun pertama perkuliahan, akan ada orientasi untuk melancarkan para mahasiswa dalam membaca huruf hiragana dan katakana

 

 

Lalu bagaimanakah prospek lulusan sastra Jepang ? Japan Foundation bekerja sama dengan beberapa universitas di wilayah Jabodetabek pernah melalukan survei mengenai lulusan program studi bahasa Jepang di wilayah Jabodetabek saja di mulai pada bulan November 2007 sampai dengan bulan Januari 2009. Lulusan bahasa Jepang sebanyak 21,6% bekerja di bidang pendidikan, dan kurang lebih 26,7% bekerja di industri otomotif dan elektronik, sisanya adalah perusahaan-perusahaan lainnya yang tersebar merata, baik perusahaan Jepang ataupun bukan.

 

Selain itu bentuk pekerjaan dari para lulusan tersebut dari survei dapat dilihat bahwa sebanyak 16,6% merupakan pengajar, sekretaris sebanyak 13%, penerjemah ataupun interpreter sebanyak 11,9% dan yang paling banyak pekerjaan yang dilakukan adalah sebagai administrasi umum sebanyak 25%.

 

Beberapa PTN yang mempunyai prodi sastra Jepang : UNAND, UNDIP, UI, UNPAD, UGM, UNNES, UNESA, UNIBRA, UNSOED, UNAIR dan UNUD

 

 

4. Sastra Perancis

Menilik dari namanya, sastra perancis, tentu kita cukup maklum bahwa saat kita memutuskan memilih jurusan ini maka bukan hanya bahasanya saja yang kita pelajari tetapi juga kesusasteraannya. Kalau kita belajar sastra tentu tidak akan bisa terlepas dari belajar budayanya. Untuk lebih memberi gambaran apa yang dipelajari di sastra Perancis, kita bisa melihat dari mata kuliah yang diajarkan.

 

 

Mata kuliah yang diajarkan di sastra Perancis diantaranya Linguistik, Media massa Perancis, Kajian Sinema, Kebudayaan Perancis, Kemahiran berbahasa Perancis, Kesusasteraan Perancis, Transliterasi, Kritik Sastra, Bahasa asing pilihan ( Italia / Jerman ), sejarah Eropa, Mitologi Yunani dan lain-lain. Jadi, sastra Perancis bukan hanya soal bisa berbahasa Perancis karena kalau hanya sekedar ingin bisa berbahasa Perancis kita bisa kursus saja.

 

Lulusan program studi Sastra Perancis banyak yang bekerja di berbagai perusahaan,   baik di dalam maupun  luar negeri. Lapangan kerja yang diminati sebagian besar lulusan adalah menjadi pegawai di instansi pemerintahan di Perancis dan Indonesia (Kemenlu, Kedubes, dan lain-lain), biro perjalanan wisata, bidang pengajaran bahasa Perancis, menjadi penulis buku dan penerjemah profesional, serta bidang kewirausahaan.

 

Beberapa PTN yang membuka jurusan Sastra Perancis ini adalah UI, UNPAD, UGM, UNNES, dan UNIBRAW.

 

 

5. Sastra Jerman

Pada program studi Studi Sastra Jerman dipelajari berbagai mata kuliah dasar tentang Jerman yang meliputi empat kemampuan dasar berbahasa, yaitu mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Di tingkat lanjutan, mahasiswa program studi Sastra Jerman mempelajari ilmu-ilmu seputar Jerman yang berkaitan dengan bidang linguistik, sastra, dan penerjemahan.

 

 

Selain itu, kepada mahasiswa ditawarkan pula dua mata kuliah yang berkaitan dengan bidang keahlian tambahan, yaitu bahasa Jerman untuk bidang pariwisata dan ekonomi. Program studi Sastra Jerman saat ini terdapat dua penjurusan, yaitu linguistik dan sastra.

 

Prospek kerja para lulusan tidak hanya terbatas di perusahaan-perusahaan atau lembaga-lembaga Jerman (Siemens, Kedutaan Jerman/Swiss/Austria, Allianz, Swiss Contact, dan lain-lain), melainkan juga di perusahaan-perusahaan lainnya (bank, stasiun televisi, pariwisata, dan lain-lain)

 

PTN yang menyelenggarakan jurusan Sastra Jerman adalah UI, UNPAD, dan UNESA

 

 

   

 








 


LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON YOGYAKARTA © 2017
Jl. Taman Siswa Gg. Trustha Jumena Yogyakarta. Telp : (0274) 450300, (0274) 418934 Fax : (0274) 450999
Best Viewed with Chrome   
reDesign by  IT Team