bimbingan belajar neutron siap lebih dini 2-3 semester

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar neutron sukses sbmptn 2017

bimbingan belajar program minggu kedinasan neutron

bimbingan belajar neutron priority iup - ugm

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron siap lebih dini SLD

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent priority ions

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron ujinas

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron ukk

siswa neutron diterima ptn


i-link takes you abroad, belajar, kuliah ke luar negeri




 
 
 
 
Artikel
 

 

 

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK

 

 

1. Ilmu Administrasi Negara

Program studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) merancang kurikulumnya agar mahasiswa mampu  menguasai konsep dan teori organisasi, manajemen sektor publik, kepentingan publik dan kebijakan publik, serta metode dan teknik bagi penyelesaian masalah dalam penyelenggaraan administrasi publik.

Lulusan program studi ini menguasai pengetahuan tentang teori dan paradigma pembangunan klasik dan kontemporer, konsep dan model kebijakan publik, fokus dan lokus manajemen publik, serta pendekatan-pendekatan dalam pemberdayaan masyarakat, sehingga lulusan memiliki kemampuan teknis dalam hal perencanaan, implementasi, dan evaluasi program-program pembangunan.

Lulusan program studi ini dapat bekerja di lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah. Diantara lembaga-lembaga pemerintah antara lain adalah Bappenas, Departemen dalam Negeri, Sekretariat Negara, Kementrian Pandayagunaan Aparatur Negara, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal dan Kementrian Koordinator Bidang Ekonomi, termasuk Pemerintah Daerah. Sedangkan lembaga-lembaga nonpemerintah antara lain adalah LSM pemberdayaan masyarakat dan lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi politik.

Perguruan tinggi yang membuka program studi ini cukup banyak, diantaranya UGM, UI, UNPAD, UNDIP, UNS, UNY, USU, UNSOED, UNIBRAW, UNEJ, UNUD, dll

 

 

2. Ilmu Hubungan Internasional

Saat ini studi Hubungan Internasional tidak saja mempelajari tentang bagaimana hubungan antar negara-negara terjalin, tetapi juga mempelajari tentang hubungan antar aktor-aktor nonnegara yang bersifat lintas negara, seperti organisasi internasional, individu dan perusahaan multinasional. Mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mempelajari berbagai aspek internasional dari interaksi diantara para aktor tersebut. Termasuk di dalamnya aspek ekonomi, hukum, sosial-budaya hingga pertahanan dan keamanan. Lulusan program studi ini memiliki kemampuan analisis strategi, politik, dan ekonomi internasional, serta memiliki kemampuan komunikasi secara lisan maupun tertulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing.

Lulusan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dapat bekerja sesuai dengan kompetensinya. Kompetensi utama adalah sebagai diplomat yang bekerja di Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, Atase, LSM Internasional dan Organisasi Internasional. Kompetensi Pendukung sebagai akademisi, politisi, jurnalis, editor, pelaku bisnis transnasional dll.

Perguruan tinggi yang membuka program studi ini cukup banyak, diantaranya UGM, UI, UNPAD, UNDIP, UNS, UNSOED, UNIBRAW, UNEJ, UNUD dll

 

 

3. Ilmu Komunikasi

Program studi ini terbagi dalam tiga bidang konsentrasi, yakni Konsentrasi media, Konsentrasi sistem Penunjang Media, dan Konsentrasi Perspektif Media. Pada Konsentrasi Media, ilmu yang dipelajari terutama berkaitan dengan produksi teks media, terutama media massa modern, cetak dan elektronik. Dari konsentrasi ini diharapkan akan terlahir kemampuan sebagai pelaku dalam media. Pada Konsentrasi Sistem Penunjang Media, terutama akan dipelajari periklanan dan public relations. Pada Konsentrasi Perspektif Media, terutama akan dipelajari aspek-aspek teoritis keberadaan media. Dari konsentrasi ini diharapkan akan muncul kemampuan untuk melakukan penelitian media.

Lulusan program studi ini dapat berprofesi sebagai pakar atau pelaku sektor media massa (cetak dan elektronik), humas di berbagai lembagapemerintah dan swasta, account executive, media planner, periklanan, dan peneliti.

Tidak sulit untuk menemukan perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan prodi ilmu komunikasi. UGM, UI, UNILA, UNDIP, UNS, UNPAD, UNAIR, UNSOED, Univ. Trunojoyo, UNUD, UNEJ adalah beberapa PTN yang menyelenggarakan prodi Ilmu Komunikasi.

 

 

4. Ilmu Pemerintahan

Di jurusan Ilmu Pemerintahan dipelajari prinsip-prinsp dinamika (internal daneksternal) penyelenggaraan pemerintahan Negara. Dinamika internal pemerintahan meliputi proses legislatif, organisasi dan manajemen pemerintahan, sistem pemerintahan RI, sistem pemerintahan daerah RI, kebijakan pemerintah, dan birokrasi Indonesia. Dinamika eksternal pemerintahan meliputi Negara dan masyarakat sipil, analisis kekuatanpolitik Indonesia, serta masalah sosial dan pembangunan.

Secara khusus, lulusan Ilmu Pemerintahan dipersiapkan untuk bekerja pada lembaga pemerintahan seperti Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Departemen-Departemen, Anggota TNI dan Polri, Badan Legislatif (DPRD dan DPR RI), tenaga pendidik (Dosen). Juga dapat bekerja di lembaga Non Pemerintah seperti Partai Politik, LSM, Ormas, Wartawan, Pengamat politik dan kolumnis.

PTN yang menyelenggarakan program studi Ilmu pemerintahan adalah UNRI ( Pekanbaru ), UNILA ( Bandar Lampung ), UNPAD, UNDIP, UGM dan UNIBRAW

 

 

5. Ilmu Sosiatri

Di kalangan siswa SMA, prodi ini tidak terlalu familier, Banyak yang tidak tahu apa sih yang dipelajari di prodi ini. Program studi Ilmu Sosiatri mempelajari teori kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat, maupun memahami dan menganalisis berbagai pendekatan dalam kebijakan sosial untuk memecahkan masalah sosial, maupun menganalisis proses penyusunan strategi, implementasi, evaluasi dan monitoring kebijakan sosial dan pengembangan masyarakat.

Lulusan program studi ini bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah maupun non pemerintah, selain seperti Departemen Pendidikan, Departemen Tenaga Kerja, Kementrian percepatan Daerah Tertinggal, Departemen Sosial dan Pemerintah Daerah, lulusan juga dapat bekerja di lembaga internasional seperti UNDP, serta pada berbagai LSM yang bergerak pada bidang sosial ekonomi, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dan dosen.

Tidak banyak PTN yang menyelenggarakan program studi Ilmu Sosiatri. Tercatat hanya UGM dan Universitas Mulawarman yang menyelenggarakan prodi Ilmu Sosiatri

 

 

6. Sosiologi

Pada program studi Sosiologi dipelajari tentang teori sosiologi klasik, maupun sosiologi tertentu, seperti: sosiologi perkotaan, pedesaan, ekonomi, pembangunan, pendidikan, dan gender. Selain itu dipelajari pula sejarah sosial politik Indonesia, sosiologi konflik, masyarakat sipil dan demokrasi, serta metodologi penelitian sosial, sehingga mampu memahami fenomena sosial secara obyektif, menganalisis berbagai permasalahan pembangunan, dan mampu menawarkan konsep pembangunan politik maupun ekonomi yang mempertimbangkan berbagai latar belakang dan karakteristik sosial guna meminimalkan dampak dari pembangunan tersebut.

Lulusan program studi ini bekerja di lembaga-lembaga pemerintah, seperti Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementrian Percepatan Daerah Tertinggal, Kementerian Sosial dan pemerintah daerah. Selain itu, lulusan juga dapat bekerja pada lembaga internasional seperti UNDP, serta pada berbagai LSM pemberdayaan masyarakat, lembaga-lembaga penelitian sosial ekonomi, dosen, dan penulis pada media massa.

Tidak sulit untuk menemukan perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakan prodi ilmu Sosiologi. UGM, UI, UNILA, UNDIP, UNS, UNPAD, UNAIR, UNSOED, Univ. Trunojoyo, UNUD, UNEJ adalah beberapa PTN yang menyelenggarakan prodi Sosiologi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

 








 


LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON YOGYAKARTA © 2017
Jl. Taman Siswa Gg. Trustha Jumena Yogyakarta. Telp : (0274) 450300, (0274) 418934 Fax : (0274) 450999
Best Viewed with Chrome   
reDesign by  IT Team