bimbingan belajar neutron siap lebih dini 2-3 semester

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar neutron sukses sbmptn 2017

bimbingan belajar program minggu kedinasan neutron

bimbingan belajar neutron priority iup - ugm

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron siap lebih dini SLD

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent priority ions

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron ujinas

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron ukk

siswa neutron diterima ptn


i-link takes you abroad, belajar, kuliah ke luar negeri




 
 
 
 
Artikel
 

 

 

Pada tulisan serial keenam ini akan penulis uraikan beberapa jurusan / prodi yang ada di Fakultas Teknik. Jurusan yang berada di Fakultas Teknik cukup banyak sehingga akan penulis sampaikan dalam dua atau tiga tulisan.

 

 

1. Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan tingkah laku elektron sebagai pembawa informasi. Termasuk didalamnya adalah elektonika, listrik dan komputer. Disiplin ilmu ini mempelajari teknologi perancangan suatu sistem maupun sub sistem menggukan piranti elektronis sehingga bermanfaat untuk membantu pekerjaan-pekerjaan yang sulit dilakukan manusia. Disiplin ilmu ini termasuk ilmu yang paling menantang dalam menghadapi perkembangan teknologi tinggi yang sedemikian pesat perkembangannya.

 

Lulusan Teknik Elektro memiliki kompetensi dasar dan terapan di bidang ketenagaan listrik, komunikasi, informatika, dan instrumentasi

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQaRBq3yQOWiTZVmSaw7Tx1hbo2cv-Ry5Lb1H27CvcFSxS8GVztLulusan Teknik Elektro sangat dibutuhkan di lembaga pemerintah khususnya di Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kominfo. Lulusan Teknik Elektro juga sangat dibutuhkan di dunia industri, PLN, perusahaan swasta yang bergerak di bidang kelistrikan, industri komputer dan industri yang menggunakan sistem instrumentasi kendali.

 

Perguruan Tinggi Negeri yang membuka program studi Teknik Elektro cukup banyak diantaranya adalah USU Medan, UNAND Padang, UNSRI Palembang, UNILA, UI, UNTIRTA Banten, UNPAD, ITB, UGM, UNDIP, UNSOED, ITS, UNIBRAW, UNIJOYO Madura, UNEJ, UNUD, dll

 

 

2. Teknik Mesin

Teknik Mesin adalah adalah cabang ilmu teknik/ rekayasa yang mempelajari energi dan sumber energinya serta aplikasi dari prinsip fisika untuk analisa, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Teknik Mesin merupakan salah satu bidang ilmu keteknikan yang dapat memberikan peluang besar untuk mewujudkan industri mesin baik dalam hal maintance dan repair, perancangan/design, pembuatan/ produksi serta sistem lingkungan di masa depan. Profesi ini sangat ditunjang oleh intelektual yang tinggi, kreatif dan daya inovatif.

 

Mahasiswa Teknik Mesin selain harus dapat menguasai dasar dari ilmu pasti (matematika, fisika, kimia), mereka juga harus memahami berbagai konsep termasuk mekanika, kinematika, termodinamika dan energi. Bidang kajian dalam Teknik Mesin banyak berurusan dengan penggerak-penggerak awal, seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas, dan alat-alat kimia tertentu. Selain itu, dalam Teknik Mesin juga dipelajari sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan, tekanan, atau puntiran.

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS-3_uN5yaRnMSc8HQK7y9KN2sj_QMD8TW1-ONmHk0PL1rjLk7BPeluang kerja lulusan Teknik Mesin sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindag, Kemenhub), industri mesin, industri kimia, jasa konstruksi mesin, konsultan teknik, peneliti, dan tenaga pengajar di perguruan tinggi.

 

Perguruan Tinggi Negeri yang membuka program studi Teknik Mesin diantaranya USU Medan, UNAND Padang, UNSRI Palembang, Univ. Bengkulu, UNILA, UI, UNTIRTA Banten, UNPAD, ITB, UGM, UNDIP, ITS, UNIBRAW, UNEJ, UNUD, dll

 

 

3. Teknik Sipil dan Lingkungan

Teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur , tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

 

Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika , fisika , kimia , biologi , geologi , lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya, hingga bisa dikatakan ilmu ini bisa mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

 

Lulusan program studi ini memiliki keahlian di bidang perencanaan, konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur jalan, pelabuhan, jembatan, bandara, industri rekayasa struktur dan penatakelolaan sumber daya air.

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTLtnuneWas9fovrmqmJjqXl5zZJvfo9-xLdSfbIdba5-V-f2RODengan kompetensi tersebut , lulusan Teknik Sipil dan Lingkungan dapat bekerja di instansi pemerintah (Kementerian PU, Kementerian Pertanian, Bappenas, Bappeda, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), kontraktor bangunan dan infrastruktur, dan industri infrastruktur swasta maupun asing.

 

Beberapa Perguruan Tinggi yang membuka program studi Teknik Sipil dan Lingkungan diantaranya USU Medan, UNAND Padang, UNSRI Palembang, UNILA, UI, UNTIRTA Banten, ITB, UGM, UNDIP, UNSOED, ITS, UNIBRAW, UNIJOYO Madura, UNEJ, UNUD, dll

 

 

4. Teknik Industri

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ5nZV8IRpc25YmywD0wV9gn21H7nDbEVTX3Wq3k2x9nNITgcCUkA

Teknik industri adalah cabang dari ilmu teknik yang berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan evaluasi sistem integral dari manusia , pengetahuan , peralatan, energi , materi , dan proses.

Di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, Teknik Industri diklasifikasikan ke dalam tiga bidang keahlian, yaitu Sistem Manufaktur, Manajemen Industri, dan Sistem Industri dan Tekno Ekonomi. Lulusan Teknik Industri memiliki kompetensi di bidang rekayasa dan pengelolaan industri, mampu merancang, menginstalasi, menjalankan dan mengembangkan sistem-sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, bahan, energi dan informasi.

Lapangan kerja terbuka lebar bagi lulusan Teknik Industri. Alumni Teknik Industri dapat bekerja di berbagai macam industri, mulai dari manufacturing sampai industrial service.
Jabatan yang sering diambil menyangkut QA (Quality Assurance), Business Excellence Team, Standard and Procedure Development Officers, Pemasaran, Operations Officer hingga Directors. Selain itu juga terserap di perbankan, stasiun televisi, telekomunikasi, teknologi informasi, pemerintahan, konsultan, asuransi, energi, rumah sakit, pendidikan dan sebagainya.

Perguruan Tinggi Negeri yang membuka prodi Teknik Industri diantaranya USU, UNAND Padang, ITB, UI, UGM, UNDIP, ITS, UNIBRAW, UNTAN Pontianak, UNMUL Samarinda, dll.

 

 

 

 

   

 








 


LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON YOGYAKARTA © 2017
Jl. Taman Siswa Gg. Trustha Jumena Yogyakarta. Telp : (0274) 450300, (0274) 418934 Fax : (0274) 450999
Best Viewed with Chrome   
reDesign by  IT Team