bimbingan belajar neutron siap lebih dini 2-3 semester

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar neutron sukses sbmptn 2017

bimbingan belajar program minggu kedinasan neutron

bimbingan belajar neutron priority iup - ugm

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron siap lebih dini SLD

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent priority ions

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron ujinas

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron ukk

siswa neutron diterima ptn


i-link takes you abroad, belajar, kuliah ke luar negeri




 
 
 
 
Artikel
 

 

 

Di edisi ke sembilan dari serial prospek jurusan/prodi ini akan kita bahas jurusan/prodi yang masih berada di lingkup Fakultas Teknik :

14. Teknik Pertambangan

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTWyy5fP81MFwECPBIsdQloIVk02B_5eKDj3mgsjwLiuhju0M-pdQ

Dari segi definisi, Teknik Pertambangan adalah suatu disiplin ilmu keteknikan/rekayasa yang mempelajari tentang bahan galian/sumberdaya mineral, minyak, gas bumi, dan batubara mulai dari penyelidikan umum (propeksi), eksplorasi, penambangan (eksploitasi), pengolahan, pemurnian, pengangkutan, sampai ke pemasaran sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Prospek Teknik Pertambangan biasanya sering diasumsikan dengan duit gedhe artinya keluaran Teknik Pertambangam mempunyai prospek masa depan yang cerah. Teknik Pertambangan mempunyai 2 (dua) opsi jalur pilihan, yakni Tambang Eksplorasi dan Tambang Umum.

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRJ71fAvXCLr8cY_TQBgRxsRuIT9SdYJBF0GPiudoncv9y8RxkO7g

Pada tambang eksplorasi, pendidikan yang diberikan bersifat komprehensif dalam segala aspek dari kegiatan eksplorasi penambangan. Sedangkan pada tambang umum, bidang kajian mencakup sebagian aktivitas tahap pra penambangan, yaitu berkaitan dengan pemilihan metode penambangan dan kebutuhan fasilitas/sarana dan prasarana, design & engineering, developing, serta aktivitas tahap penambangan (pemberaian, pemuatan, pengangkutan dan pengendalian biaya)

Kemana lulusan Teknik Pertambangan biasanya bekerja ? Lulusan Teknik Pertambangan bisa bekerja di lembaga/kementerian negara seperti Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan. Di BUMN seperti Pertamina, PLN, PT. Timah, PT Batubara Bukit Asam, Perum Gas Negara. Di Perusahaan Swasta seperti PT. Kaltim Prima Coal, PT. Aneka Tambang, PT. Freeport, PT. Semen Holcim. Menjadi akademisi maupun wiraswasta.

Saat ini PTN yang membuka jurusan Teknik Pertambangan tidak hanya ITB tetapi juga UNSRI, UNLAM, Univ. Bangka Belitung dan Univ. Syah Kuala Banda Aceh.


15. Teknik Perminyakan

 

Sebenarnya tidak terlalu jauh perbedaan antara Teknik Pertambangan dengan Teknik Perminyakan hanya saja Teknik Perminyakan lebih mengkhususkan bahan tambang berupa minyak dan gas bumi. Ilmu terapan yang dipelajari dalam Teknik Perminyakan adalah ilmu mengenai ekstraksi (eksplorasi dan eksploitasi) minyak, gas bumi, dan juga panas bumi dari berbagai sisi yaitu sisi reservoir, penilaian formasi, pemboran, produksi, dan juga pengolahan sampai masalah ekonomi perminyakan. Selain itu juga dipelajari tentang aplikasi prinsip-prinsip ilmu teknik, manajemen, dan ekonomi dalam perencanaan, produksi, serta transportasi sumber daya alam (minyak dan gas bumi).

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQAa4BU12WKQRRKSEsVrGlaUkQ6g_WiRpV-fmM8tlxgmhOgA0KE

Lulusan Teknik Perminyakan dapat bekerja di berbagai bidang antara lain adalah :

1.  Bidang Perminyakan (Pertamina, Conoco Phillips, VICO Indonesia, Exxon Mobil, Chevron Pasific Indonesia, Total Indoensia, Sclumberger, Medco Energy, dll)

 

 

2.   Bidang pemerintahan dan lembaga penelitian (Departemen Pertambangan dan Energi, Ditjen. Minyak dan Gas Bumi, Ditjen. Geologi dan Sumber Daya Mineral, BP Migas, dll. Pada lembaga penelitian, lulusan teknik perminyakan dapat bekerja di LIPI, Lemigas, BPPT, dll

3.   Perusahaan pengadaaan barang penunjang industri perminyakan dan pertambangan

4.   Akademisi (dosen atau peneliti di perguruan tinggi negeri maupun swasta)

5.   Lain-lain (Bank, perusahaan asuransi (pemerintah/swasta), dan wiraswasta)

 

Saat ini PTN yang menyelenggarakan jurusan Teknik Perminyakan hanya satu yaitu ITB.

 

 

16. Teknik Komputer

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRQi8gSqyuySylhpndfOhgtAmEaw0DrhCfi3oXyI9sX5573Lq_4cA

Boleh dibilang, Teknik Komputer adalah perpaduan antara Teknik Elektro dengan Ilmu Komputer. Bidang kajian yang ditekankan pada Teknik Komputer adalah berkenaan dengan pemanfaatan sistem komputer sebagai kontrol otomasi, bagian dari sistem jaringan, perbandingan teknologi perangkat keras, trade-off dalam rancangan perangkat keras dan perangkat lunak, dampak perubahan teknologi terhadap feasibilitas, interaksi antar sistem arsitektur, rancangan sistem perangkat keras maupun lunak, hingga simulasi sistem komputer dipandang sebagai bagian dari infrastruktur suatu organisasi. Dalam teknik komputer, mahasiswa dipersiapkan untuk memiliki keahlian dalam bidang :

1.   Pemrograman Komputer

2.   Sistem Jaringan Komputer

3.   E-commerce

4.   Desain & Animasi Web

5.   Aplikasi Client Server

6.   E-commerce dan Internet

7.   Analisis dan Desain Bisnis

Prospek kerja bagi lulusan Teknik Komputer diantaranya sebagai System Engineer , Network Engineer , Network Professional , Embedded System Engineer , R&D Engineer , Robotics Engineer , Control Engineer , IT Consultant , Technopreuneur dan Computer Engineering Lecturer . Lulusan Teknik Komputer dapat bekerja di beberapa sektor seperti :

1.   Swasta (PT. INDOSAT, PT. Tricomindo, Elnusa Tbk, Sisco )

2.   Pemerintahan (berbagai instansi pemerintah seperti Kementerian Komunikasi Dan Informasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, atau menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta serta bekerja di lembaga penelitian yang ada di Indonesia seperti LIPI, BPPT, dan lain-lain)

 

Seri ke sembilan dari tulisan ini adalah edisi terakhir untuk Fakultas Teknik. Masih banyak jurusan / program studi yang ada di Fakultas Teknik, namun karena berbagai keterbatasan seperti tempat dan waktu serta mesti bergantian juga dengan informasi fakultas lain kan ? maka penulis sudahi dulu informasi seputar Fakultas Teknik. Untuk info selanjutnya kita akan bahas jurusan / prodi di kelompok non eksakta

 

 

 

   

 








 


LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON YOGYAKARTA © 2017
Jl. Taman Siswa Gg. Trustha Jumena Yogyakarta. Telp : (0274) 450300, (0274) 418934 Fax : (0274) 450999
Best Viewed with Chrome   
reDesign by  IT Team