bimbingan belajar neutron siap lebih dini SLD

bimbingan belajar program khusus seleksi masuk pkn stan neutron

bimbingan belajar program khusus seleksi mandiri ugm neutron

bimbingan belajar program khusus seleksi mandiri undip neutron

bimbingan belajar neutron sukses sbmptn 2017

bimbingan belajar neutron siap lebih dini 2-3 semester

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar neutron priority iup - ugm

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent priority ions

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron ujinas

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron ukk

siswa neutron diterima ptn


i-link takes you abroad, belajar, kuliah ke luar negeri




 
 
 
 
INFO PTN

SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK

 

 

 

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV dan D-III, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.
Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS menyelenggarakan program Diploma Empat (D4) dan Diploma Tiga (D3)  yang diterapkan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS). Program D4 ditempuh selama 4 tahun dan program D3 ditempuh dalam waktu 3 tahun. Untuk program D4 terdapat 2 program studi, yaitu Statistika dan Komputasi Statistik, di mana program studi Statistika terbagi menjadi 2 bidang peminatan, yaitu Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial Kependudukan. Lulusan program D3 STIS akan mendapatkan gelar Ahli Madya Statistik sedangkan lulusan program D4 akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Statistik.
Terdapat 2 (dua) jenis status kemahasiswaan di STIS, yaitu Mahasiswa Ikatan Dinas (ID) dan Mahasiswa Tugas Belajar (TB). Mahasiswa Ikatan Dinas (ID)  merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA (untuk program D4) dan lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS (untuk program D3)yang memenuhi syarat-syarat tertentu dan direkrut melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) STIS yang diadakan setiap tahun. Mahasiswa ID memiliki hak dan kewajiban yang dituangkan dalam bentuk Surat Perjanjian Ikatan Dinas dengan Negara yang dalam hal ini diwakili oleh STIS/BPS. Dalam Surat Perjanjian Ikatan Dinas antara lain disebutkan bahwa selama masa pendidikan, mahasiswa tidak dikenakan biaya pendidikan dan mahasiswa mendapat tunjangan ikatan dinas (uang saku) sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta setelah lulus dari STIS mahasiswa Ikatan Dinas akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III/a untuk selanjutnya ditempatkan di unit kerja BPS di seluruh Indonesia sampai dengan tingkat kabupaten/kota dan tidak diperbolehkan keluar dari BPS selama 2 (dua) kali masa pendidikan secara berturut-turut. Mahasiswa Tugas Belajar (TB) merupakan pegawai BPS, Kementerian, BUMN/BUMD, TNI/POLRI, dan Badan-Badan Pemerintah lainnya atau swasta serta mahasiswa asing yang ditugaskan oleh instansi atau negaranya untuk menimba ilmu statistika/komputasi statistik di STIS dan memenuhi syarat-syarat tertentu. Biaya pendidikan ditanggung oleh instansi yang memberi tugas

 

Syarat Pendaftaran

Seleksi

    1. Sehat jasmani dan rohani (dapat dan layak untuk bekerja dan beraktivitas, baik di dalam ruangan mau pun di lapangan), tidak buta warna (total maupun parsial), dan bebas narkoba.
    2. Untuk Program Diploma Empat:
      1. Lulus Ujian Nasional SMA/MA Jurusan IPA. Calon lulusan tahun 2018 dapat melakukan pendaftaran walaupun belum mengikuti Ujian Nasional atau belum ada pengumuman kelulusan. Namun pada waktu Pemberkasan, harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan salah satu dokumen berikut:
          1. Ijazah, atau 
          2. Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal, atau
          3. Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
      2. Lulusan sebelum tahun 2018 harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan ijazah.
    3. Untuk Program Diploma Tiga:
      1. Lulus Ujian Nasional SMA/MA Jurusan IPA/IPS. Asal SMA/MA berada pada wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Kepulauan Riau, dan Kepulauan Bangka Belitung. Calon lulusan tahun 2018 dapat melakukan pendaftaran walaupun belum mengikuti Ujian Nasional atau belum ada pengumuman kelulusan. Namun pada waktu Ujian Seleksi Tahap III, harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan salah satu dokumen berikut:
        1. Ijazah, atau 
        2. Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan cap sekolah asal, atau 
        3. Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) Nasional.
      2. Lulusan sebelum tahun 2018 harus bisa menunjukkan kelulusannya dengan ijazah.
    4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7,00 atau B pada kelas XII semester I (nilai bukan hasil pembulatan dan bukan rata-rata). Untuk mata pelajaran yang terdiri dari mata pelajaran kognitif (pengetahuan) dan afektif (keterampilan), yang dilihat adalah nilai mata pelajaran kognitif. Jika tidak ada mata pelajaran tersebut pada kelas XII semester I (karena penerapan sistem SKS atau program akselerasi), yang dilihat adalah nilai pada semester sebelumnya saat mata pelajaran tersebut diselesaikan.
    5. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2018
    6. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS hingga diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.
    7. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
    8. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang berlaku.
    9. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) bagi yang dinyatakan lulus seleksi dan akan mengikuti pendidikan di STIS.
    10. Setelah lulus, bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.

Penerimaan

    1. Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh STIS.
    2. Seluruh biaya pendidikan ditanggung oleh negara. Selama mengikuti pendidikan akan diberikan Tunjangan Ikatan Dinas sesuai peraturan yang berlaku.

     

Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan oleh calon peserta secara on-line melalui internet dan dapat dilakukan dari mana pun.

Lintas Wilayah

Peserta dapat memilih lokasi ujian di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Calon peserta tidak harus mengikuti ujian sesuai tempat tinggalnya atau tempat di mana yang bersangkutan menyelesaikan pendidikan SMA/MA.

Jenis Ujian

  1. Ujian tahap I: Tes Potensi Akademik meliputi Matematika dan Bahasa Inggris
  2. Ujian tahap II: Tes Kemampuan Dasar (TKD)
  3. Ujian tahap III: Tes Psikotes
  4. Ujian tahap IV: Tes kesehatan

Informasi lebih lengkap, silakan simak di www.stis.ac.id

 








 


LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON YOGYAKARTA © 2018
Jl. Taman Siswa Gg. Trustha Jumena Yogyakarta. Telp : (0274) 450300, (0274) 418934 Fax : (0274) 450999
Best Viewed with Chrome   
reDesign by  IT Team