siswa neutron diterima ptn

bimbingan belajar neutron siap lebih dini SLD

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent priority ions

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent

bimbingan belajar neutron siap lebih dini platinum

bimbingan belajar neutron siap lebih dini reguler plus

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar neutron priority iup - ugm

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron sukses sbmptn 2017

bimbingan belajar program khusus seleksi masuk pkn stan neutron

bimbingan belajar neutron siap lebih dini 2-3 semester

bimbingan belajar neutron ujinas

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron ukk

bimbingan belajar program khusus seleksi mandiri ugm neutron

bimbingan belajar program khusus seleksi mandiri undip neutron


i-link takes you abroad, belajar, kuliah ke luar negeri




 
 
 
 
INFO PTN

SEKOLAH TINGGI METEOROLOGI, KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (STMKG)

 

 

 

 

STMKG didirikan di Bandung pada tahun 1955 dengan nama Akademi Meterologi dan Geofisika (AMG). Kampusnya berada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1960, AMG dipindahkan ke Jakarta; kampusnya berada di Kantor Lembaga Meteorologi dan Geofisika (LMG) Jl. Arief Rakhman Hakim No. 3 Jakarta Pusat. Tahun 1960 1978 AMG berstatus di bawah Pusat Meteorologi dan Geofisika.
Pada tahun 1978, AMG berubah nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) dengan status berada di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (KM. 55/OT/PHB-1978 31 Maret 1978).
Sejak tahun 2000, BPLMG berubah kembali menjadi AMG di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan (SK. Menhub No. KM 82 Thn 1999 Tgl 13-10-1999), dan kampusnya pindah dan berlokasi di jalan Perhubungan 1, Pondok betung, Pondok Aren, Tangerang, Banten. Hingga tahun 2004 AMG tetap di bawah Badan Diklat dengan SK Menhub No. 72 Thn 2002 Tgl 2-10-2002.
Terhitung mulai 1 Januari 2005 AMG berada di bawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), berdasarkan SK KBMG No. 003 Tahun 2004.
Saat iniSekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang mempersiapkan kader tenaga ahli tingkat madya, guna mendukung tugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi meteorologiklimatologigeofisika, dan kualitas udara, yang secara teknis akademik, pembinaanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis operasional dilakukan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

 

PROGRAM STUDI D-IV METEOROLOGI

Program Studi Diploma-IV Meteorologi merupakan salah satu program studi unggulan yang ada pada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). STMKG merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola di lingkungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). STMKG merupakan perubahan dari Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 35 Tahun 2014. Program Studi Diploma-IV Meteorologi beroperasi mulai tahun 2013 sejak berlakunya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 230/E/O/2013 tanggal 12 Juni 2013 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pada Akademi Meteorologi dan Geofisika.

Program studi Meteorologi D-IV menyiapkan lulusan yang mampu melakukan pengamatan unsur-unsur meteorologi dan memiliki kompetensi melakukan pengolahan dan analisa meteorologi serta melaksanakan penelitian untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang meteorologi
Seluruh lulusan Program Studi Diploma-IV Meteorologi STMKG dipersiapkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan menduduki jabatan fungsional Pengamat Meteorologi dan Geofisika  (PMG), Peneliti, Perekayasa dan Dosen. Bagi taruna Tugas Belajar dari TNI Angkatan Udara dan Angkatan Laut akan mendapat gelar Sarjana Sains Terapan (meteorologi) dan akan kembali ke kesatuan tugasnya masing-masing.

 

PROGRAM STUDI D-IV KLIMATOLOGI

Program Studi D-IV Klimatologi merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran vokasi bagi taruna jenjang diploma IV di bidang klimatologi dan kualitas udara. Program studi ini berdiri sejak tahun 2012 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 24/E/O/2012 tanggal 20 Januari 2012. Pada tahun 2013, dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang klimatologi dan tuntutan pelayanan jasa di bidang Klimatologi, pimpinan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, berupaya meningkatkan jenjang Program Studi dari Diploma III menjadi Program Diploma IV/Sarjana Sains Terapan, yaitu ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 230/E/O/2013 tanggal 12 Juni 2013 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi D-IV Klimatologi pada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.
Program studi Klimatologi D-IV menyiapkan lulusan yang mampu melakukan pengamatan unsur-unsur klimatologi dan memiliki kompetensi melakukan pengolahan dan analisa klimatologi serta melaksanakan penelitian untuk mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan dalam bidang klimatologi
Seluruh lulusan Program Studi Diploma-IV Klimatologi STMKG dipersiapkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan menduduki jabatan fungsional Pengamat Meteorologi dan Geofisika  (PMG), Peneliti, Perekayasa dan Dosen

 

PROGRAM STUDI D-IV GEOFISIKA

Program Studi Diploma-IV Geofisika merupakan salah satu program studi unggulan yang ada pada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).  Program Studi Diploma-IV Geofisika berkedudukan di Tangerang Selatan. Program Studi Diploma-IV Geofisika menjalankan Tridharma perguruan tinggi di bidang geofisika untuk menghasilkan lulusan aparatur sipil negara yang berkualitas sebagai sumber daya manusia bagi BMKG. Seluruh lulusan Program Studi Diploma-IV Geofisika berikatan dinas dengan BMKG. Program Studi Diploma-IV Geofisika didukung oleh dosen-dosen yang berkualitas dan berpengalaman, peralatan praktikum yang lengkap, laboratorium geofisika yang nyaman serta fasilitas belajar-mengajar yang juga lengkap.
Seluruh lulusan Program Studi Diploma-IV Geofisika STMKG dipersiapkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan menduduki jabatan fungsional Pengamat Meteorologi dan Geofisika  (PMG), Peneliti, Perekayasa dan Dosen.

 

PROGRAM STUDI D-IV INSTRUMENTASI

Program Studi D-IV Instrumentasi-MKG merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran vokasi bagi taruna jenjang diploma IV di bidang instrumentasi MKG. Program studi ini berdiri sejak tahun 2012 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 24/E/O/2012 tanggal 20 Januari 2012. Pada tahun 2013, dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang instrumentasi MKG dan tuntutan dukungan terhadap pelayanan jasa dibidang meteorologi, klimatologi dan geofisika , pimpinan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, berupaya meningkatkan jenjang Program Studi dari Diploma III menjadi Program Diploma IV/Sarjana Sains Terapan, yaitu ditandai dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 230/E/O/2013 tanggal 12 Juni 2013 Tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi D-IV Instrumentasi-MKG pada Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.
Program Studi Diploma-IV Instrumentasi-MKG menjalankan Tridharma perguruan tinggi di bidang instrumentasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika untuk menghasilkan lulusan aparatur sipil negara yang berkualitas sebagai sumber daya manusia bagi BMKG. Seluruh lulusan Program Studi Diploma-IV Instrumentasi-MKG berikatan dinas dengan BMKG. Program Studi Diploma-IV Instrumentasi-MKG didukung oleh dosen-dosen yang memiliki kompetensi di bidang instrumentasi-MKG dan berpengalaman, peralatan praktikum yang lengkap, laboratorium yang memadai, peralatan serta fasilitas belajar-mengajar yang sangat menunjang.
Seluruh lulusan Program Studi Diploma-IV Instrumentasi STMKG dipersiapkan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan menduduki jabatan fungsional Pengamat Meteorologi dan Geofisika  (PMG), Peneliti, Perekayasa dan Dosen.

 

SYARAT UMUM CALON TARUNA

  1. Pria/Wanita, warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak buta
    warna, dapat berkacamata maksimal -2, spheris dan tidak silinder.
  2. Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September tahun yang bersangkutan.
  3. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  4. Bebas narkoba.
  5. Lulus atau akan Lulus SMA / Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  6. Calon berasal dari SMK dengan kompetensi keahlian pada No. 5 tersebut hanya dapat mendaftar untuk Program Studi Instrumentasi. Kompetensi keahlian selain tersebut pada no. 5 tidak dapat diterima.
  7. Memenuhi persyaratan akademik sebagai berikut :
    1. Nilai rapor untuk calon yang masih dikelas XII SMA/MA/SMK pada semester 3, 4, dan 5 pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
    2. Bagi calon yang telah lulus SMA/MA/SMK nilai rapor untuk semester 4, 5, dan 6 pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  8. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  9. Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  10. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

SELEKSI TARUNA STMKG

Seleksi taruna STMKG meliputi tiga tahap dengan sistem gugur
Tahap I : Tes Kemampuan Dasar ( TKD )
Tahap II : Tes Kompetensi Bidang ( TKB ) terdiri dari Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris
Tahap III : Tes Kesehatan dan wawancara

Informasi selengkapnya di www.stmkg.ac.id

 

 

 

 








 


LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON YOGYAKARTA © 2018
Jl. Taman Siswa Gg. Trustha Jumena Yogyakarta. Telp : (0274) 450300, (0274) 418934 Fax : (0274) 450999
Best Viewed with Chrome   
reDesign by  IT Team