bimbingan belajar neutron siap lebih dini 2-3 semester

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar neutron sukses sbmptn 2017

bimbingan belajar program minggu kedinasan neutron

bimbingan belajar neutron priority iup - ugm

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron siap lebih dini SLD

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent priority ions

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar neutron ujinas

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron ukk

siswa neutron diterima ptn


i-link takes you abroad, belajar, kuliah ke luar negeri




 
 
 
 
INFO PTN

SEKOLAH TINGGI SANDI NEGARA
( STSN )

Mendengar nama sandi negara mungkin ada diantara kita yang merasa asing. Apa itu sandi negara ? yang pernah aktif di pramuka lantas terlintas ada sandi rumput, morse, semaphore dan sebagainya. Apa sejenis itu ya...? Oke deh, sebelum kita bahas Sekolah Tinggi Sandi Negara, ada baiknya kita bicarakan dulu tentang apa itu sandi yang dimaksud.

Ilmu dasar yang digunakan dalam konteks persandian adalah kriptografi . Kriptografi , secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [ bruce Schneier - Applied Cryptography ]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone - Handbook of Applied Cryptography]. Jadi, intinya sandi yang dimaksud adalah teknik bagaimana menjaga agar informasi maupun berita tidak gampang jatuh ke tangan yang tidak berhak.

Ada empat tujuan mendasar dari ilmu kriptografi ini yang juga merupakan aspek keamanan informasi yaitu :

  1. Kerahasiaan , adalah layanan yang digunakan untuk menjaga isi dari informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas atau kunci rahasia untuk membuka/mengupas informasi yang telah disandi.
  2. Integritas data , adalah berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah. Untuk menjaga integritas data, sistem harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi manipulasi data oleh pihak-pihak yang tidak berhak, antara lain penyisipan, penghapusan, dan pensubsitusian data lain kedalam data yang sebenarnya.
  3. Autentikasi , adalah berhubungan dengan identifikasi/pengenalan, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri. Dua pihak yang saling berkomunikasi harus saling memperkenalkan diri. Informasi yang dikirimkan melalui kanal harus diautentikasi keaslian, isi datanya, waktu pengiriman, dan lain-lain.
  4. Non-repudiasi , atau nirpenyangkalan adalah usaha untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap pengiriman/terciptanya suatu informasi oleh yang mengirimkan/membuat

Lalu seberapa pentingkah kriptografi dalam kehidupan kita? Jika anda pernah menggunakan ATM, sebenarnya anda secara tidak sadar telah menggunakan jasa dari kriptografi. Atau jika anda sedang login ke salah situs jejaring sosial ( contohnya facebook) anda juga sebenarnya sedang menggunakan jasa kriptografi. Hal ini disebabkan nomor pin atau password anda sebelum dikirimkan dari mesin ATM atau meninggalkan komputer yang anda gunakan akan mengalami proses penyandian terlebih dahulu.

 

Dapatkah anda bayangkan jika nomor pin atau password anda disadap saat proses pengiriman dalam kondisi tidak tersandi dan kemudian disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tentunya anda akan mengalami kerugian yang sangat besar bukan ?

 

Nah, dengan demikian jika yang dibicarakan tentang sandi negara berarti kita sedang berbicara tentang bagaimana informasi dan rahasia negara bisa terlindungi sehingga tidak digunakan oleh orang yang tidak berhak.

 

Lalu bagaimana dengan Sekolah Tinggi Sandi Negara ? Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan dibawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang didirikan berdasarkan surat Mendiknas Nomor 19/MPN/2002 tanggal 17 Januari 2002 dan diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2003 tanggal 17 April 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.

 

STSN merupakan peningkatan status dari Akademi Sandi Negara (AKSARA) yang menjalankan program Diploma III selanjutnya menjadi STSN yang menjalankan  program Diploma IV. Lulusan STSN memiliki kemampuan untuk menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia serta tuntutan pengguna persandian di lingkungan instansi pemerintah. Sebagai institusi pendidikan di bidang sandi dan aplikasinya, STSN mendidik Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam hal pengetahuan dan aplikasi teknis persandian.

 

STSN merupakan salah satu lembaga atau institusi pendidikan yang mendukung terselenggaranya pertahanan negara melalui penyediaan sumber daya manusia terdidik yang memiliki kompetensi khusus dibidang pengamanan informasi, khususnya persandian. Melalui kompetensi tersebut, lulusan STSN mampu mengamankan informasi yang sifatnya strategis dan rahasia yang menjadi aset negara. Informasi rahasia yang dimiliki oleh suatu negara menjadi sasaran utama bagi pihak-pihak lawan atau yang tidak berkepentingan untuk dapat mengambil keuntungan baik dari aspek politis, sosial, ekonomis maupun yang terkait pertahanan dan keamanan negara.

 

Dalam Undang-undang ini dinyatakan bahwa dalam hal bela negara atau pertahanan negara, setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Mahasiswa dan/atau lulusan STSN merupakan SDM potensial dalam mendukung pertahanan negara karena memiliki kesiapan fisik, pengetahuan, dan kemampuan di bidang keamanan informasi. Dengan bermodalkan kesadaran akan pengamanan, mahasiswa dan/atau lulusan STSN memiliki dedikasi, loyalitas dan integritas tinggi yang dilengkapi dengan kemampuan dibidang keamanan informasi dan sandi.

 

Sistem Pendidikan di STSN

STSN menerapkan pendidikan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam Satuan Kredit Semester (SKS). Beban studi yang harus diselesaikan adalah 146 SKS dan ditempuh selama 4 tahun. STSN menyelenggarakan pendidikan professional dalam bidang persandian dengan jenjang Diploma IV. STSN mewajibkan mahasiswanya tinggal di asrama selama mengikuti pendidikan dengan wajib mematuhi peraturan kehidupan mahasiswa dan peraturan urusan dinas dalam. Kegiatan pendidikan meliputi bidang akademik dan bidang pengasuhan yang diselenggarakan secara seimbang, berkesinambungan dan saling mendukung dengan berpedoman pada tujuan pendidikan. Pendidikan dilaksanakan dengan sistem paket dimana evaluasi pendidikan dilaksanakan setiap semester melalui Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), dimana setiap semester digunakan sistem gugur.

 

Program Studi

  1. Manajemen Persandian
  2. Teknik Persandian
    1. Teknik Kripto
    2. Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2013 akan segera dibuka di bulan Maret 2013. Kunjungi selalu website STSN untuk mendapatkan info terbaru. Berikut adalah informasi awal yang bisa disampaikan.

 

  Persyaratan Umum Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental, tidak buta warna, tidak bertato, Bebas HIV/AIDS dan bebas narkoba dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter RS Pemerintah.
  3. Lulus SMA jurusan IPA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA.
  4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7 (tujuh) pada Semester IV dan V .
  5. Umur tidak lebih dari 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Oktober 2013.
  6. Tinggi Badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm, dengan berat badan seimbang (ideal).
  7. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Sekolah Tinggi Sandi Negara.
  8. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan Instansi lain.
  9. Bersedia mematuhi peraturan STSN.
  10. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).

 

Seleksi di STSN meliputi :

Seleksi Tahap I Tes Akademik

Peserta melakukan ujian tertulis dengan materi Tes Potensi Akademik, Matematika Dasar, Bahasa Inggris, dan Fisika.

Seleksi Tahap II Seleksi Administrasi

Peserta yang telah lulus Seleksi Tahap I Tes Akademik, menyerahkan berkas kelengkapan pendaftaran ke Kampus STSN untuk verifikasi data peserta. Berkas yang harus diserahkan adalah sebagai berikut :

  1. Bukti Pendaftaran Online (hasil cetak Formulir Pendaftaran Mahasiswa Baru STSN Tahun 2010 dan Kartu Peserta Seleksi).
  2. Surat lamaran yang ditujukan kepada Ketua Sekolah Tinggi Sandi Negara ditulis tangan dengan tinta hitam, bermaterai Rp. 6.000,-.
  3. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip Nilai Ujian Nasional (NUN) yang telah dilegalisir.
  4. Fotocopy rapor kelas XII semester 1 dan 2 yang telah dilegalisir.
  5. SKCK dari Kepolisian setempat.
  6. Surat keterangan sehat dari dokter Pemerintah dan surat keterangan tidak buta warna dari dokter spesialis.
  7. Surat keterangan belum menikah yang diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat.
  8. Surat pernyataan yang ditandatangani oleh peserta dan diketahui oleh orang tua/wali yang menyatakan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar pernyataan, bermaterai Rp. 6.000,-. (contoh surat klik disini)
  9. Fotocopy kartu identitas berfoto seperti KTP atau SIM atau Kartu Asuransi atau Kartu Pelajar.
  10. Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4x6 dengan latar belakang berwarna merah sebanyak 4 (empat) lembar.

Seleksi Tahap III Psikotes

Seleksi Tahap IV Tes Kesehatan dan Tes Kebugaran

Seleksi Tahap V Wawancara

Seleksi Tahap VI Pantukhir

 Untuk informasi lain berkenaan dengan persyaratan, jadwal seleksi  dan lain lain silakan pantau terus di http://stsn-nci.ac.id . Semoga bermanfaat.

 

 








 


LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON YOGYAKARTA © 2017
Jl. Taman Siswa Gg. Trustha Jumena Yogyakarta. Telp : (0274) 450300, (0274) 418934 Fax : (0274) 450999
Best Viewed with Chrome   
reDesign by  IT Team